Selasa, 17 Januari 2017

Merawat mata secara alami

Cara Merawat Mata Secara Alami Agar Sehat dan Bersinar


Mata merupakan salah satu dari lima indera yang sangat penting bagi manusia. Namun, kita seringkali lupa atau bahkan mengabaikan pentingnya merawat matakita. akibatnya, beberapa gangguan muncul karena kita kurang merawat kesehatan mata. Misalnya, timbulnya gangguan mata minus, mata lelah, sakit mata dan lain-lain.
cara merawat mata
cara merawat mata
Seiring bertambahnya umur, kemampuan akomodasi mata semakin berkurang. Mata adalah anugrah Tuhan yang tak ternilai harganya. Sebagai ungkapan rasa syukur, sudah seharusnya kita merawat mata dengan baik. Merawat mata terbilang mudah dan bisa dilakukan kapanpun dimanapun. Tidak membutuhkan banyak biaya karena cara merawat mata sangatlah sederhana. Biasakanlah merawat mata sejak dini, agar mata anda tetap berbinar sehat tanpa gangguan.

Merawat Mata Secara Alami dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Jangan abaikan pentingnya asupan gizi yang bersumber dari buah dan sayur untuk mendukung kesehatan mata. Cara merawat mata secara alami bisa dimulai dari beberapa langkah sederhana ini.
  • Perbanyak konsumsi wortel. Wortel mengandung banyak beta karoten yang mampu menjaga kesehatan dan kemampuan akomodasi mata. Kandungan beta karoten di dlam worterlberkhasiat untuk meminimalisir resiko degenerasi pada manula.
merawat mata dengan potongan mentimun
merawat mata dengan potongan mentimun
  • Pakailah mentimun yang diiris untuk mengompres mata anda. Lebih bagus lagi jika mentimun sudah ditaruh di lemari es. Tutup kelopak mata dengan irisan mentimun selama 10 menit sebelum tidur saat malam hari. Khasiatnya untuk mengurangi kantung mata dan keletihan pada mata.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dengan daun hijau tua. Sayuran seperti ini kaya akan lutein dan zeaxanthin, yaitu karotenoid yang dapat mengurangi resiko katarak serta degenerasi daya penglihatan yang disebabkan oleh gangguan pada pusat retina mata. Konsumsi buah-buahan seperti cerry, buah berry karena dapat menangkal radikal bebas dari sinar matahari, polusi dan debu yang menyapa mata.
  • Berolahraga dan penuhi konsumsi multivitamin seperti vitamin C, E, B6 dan B12.
konsumsi wortel untuk merawat mata
konsumsi wortel untuk merawat mata
Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk untuk merawat mata
Suka membaca buku di tempat redup? Menonton tivi dengan jarak sangat dekat? Memainkan handphone saat lampu kamar sudah dimatikan? Mulai sekarang, hindarilah kebiasaan buruk semacam itu. Cara merawat mata agar sehat diantaranya:
  • Jangan terlalu lama menatap layar laptop atau komputer. Setelah 20-30 menit beristirahatlah sejenak dan lihatlah pemandangan luar.  Pasanglah filter monitor agar mata tidak silau dan jaga jarak antara mata anda dengan layar monitor.
  • Jika sering beraktivitas di outdoor, gunakan pelindung berupa kacamata yang dapat melindungi mata dari sinar UV.
  • Jangan terlalu sering menggunakan tetes mata apalagi sampai ketergantungan
  • Cukupkan cahaya penerangan saat membaca buku agar kinerja otot mata tidak terlalu banyak dan tidak tegang. Baca buku dengan jarak sekitar 25-30 centimeter, jangan terlalu dekat karena dapat menyebabkan fungsi mata terganggu.
Terlalu lama menatap layar komputer dapat merusak mata
Terlalu lama menatap layar komputer dapat merusak mata
Selain itu, hindari mengucek mata sembarangan saat gatal karena terkena debu atau kemasukan partikel kecil (kelilipan). Langsung bilas dengan air mengalir. Kebiasaan mengucek mata sembarangan, apalagi dengan jari yang kotor akan mengakibatkan retina tergores, sehingga dapat menimbulkan infeksi yang membahayakan keutuhan struktur mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar